Aqiqoh Hanya Satu Kambing

Aqiqoh Hanya Satu Kambing

Pertanyaan:

Hukum aqiqah, apabila kita punya anak laki-laki namun kita hanya mampu menyembelih satu kambing saja apa itu dibolehkan?

Jawaban:

Di dalam permasalahan ini terjadi perbedaan pendapat:


Pertama,
Dua kambing untuk anak lelaki dan satu kambing untuk anak perempuan. Ini pendapatnya Madzhab Syafi’iyyah, Hanabilah, Zhahiriyyah dan ini adalah pendapatnya Ibnu Abbas, ‘Aisyah, Abu Tsaur dan Ishaq dan lainnya.Kedua, kambing untuk anak lelaki dan anak perempuan. Ini adalah pendapat Imam Malik dan Al Hadawiyyah dan ini adalah pendapatnya Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma, Urwah bin Zubairrahimahullah dan Asma’ binti Abu Bakar.Ketiga, Aqiqah untuk anak lelaki saja dan tidak ada aqiqah untuk anak perempuan. Dan ini pendapat dinukilkan dari Al Hasan Al Bashry, Muhammad biin Sirin dan Qatadah dan lainnya. (Lihat kitab Al Majmu’ karya An Nawawi, 8/447-448).

Jumhur Ulama mempunyai dalil yang sangat kuat:

عَنْ أُمِّ كُرْزٍ الْكَعْبِيَّةِ قَالَتْ سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- يَقُولُ « عَنِ الْغُلاَمِ شَاتَانِ مُكَافِئَتَانِ وَعَنِ الْجَارِيَةِ شَاةٌ ».

Artinya: “Ummu Kurz Al Ka’biyyah radhiyallahu ‘anha, berkata: “Aku telah mendengar Rasulullahshallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Untuk seorang anak lelaki dua kambing yang sama dan ana perempuan 1 kambing”. HR. Abu Daud dan dishahihkan oleh Al Albani di dalam kitab Silsilat Al Ahadits Ash Shahihah,no. 1655.

Hadits seperti ini juga terdapat dari riwayat: Aisyah, Asma’ binti Yazid dan yag lainnya.

Adapun sebagian ulama yang membolehkan untuk anak lelaki hanya disembelih satu kambing saja, terutama jika tidak mempunyai biaya kecuali hanya untuk menyembelih satu kambing, berdalilkan dengan beberapa dalil berikut:

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- عَقَّ عَنِ الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ كَبْشًا كَبْشً

Artinya: “Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhuma meriwayatkan bahwa Rasulullahshallallahu ‘alaihi wasallam mengakikahi Al Hasan dan Al Husain satu domba satu domba”. HR. Abu Daud dan dishahihkan oleh Al Albani di dalam kitab Irwa Al Ghalil, no. 1167.

عن عَبْدُ اللَّهِ بْن بُرَيْدَةَ قَالَ سَمِعْتُ أَبِى بُرَيْدَةَ يَقُولُ كُنَّا فِى الْجَاهِلِيَّةِ إِذَا وُلِدَ لأَحَدِنَا غُلاَمٌ ذَبَحَ شَاةً وَلَطَخَ رَأْسَهُ بِدَمِهَا فَلَمَّا جَاءَ اللَّهُ بِالإِسْلاَمِ كُنَّا نَذْبَحُ شَاةً وَنَحْلِقُ رَأْسَهُ وَنَلْطَخُهُ بِزَعْفَرَانٍ.

Artinya: “Abdullah bin Buraidah berkata: “Aku telah mendengar Bapakku Buraidah radhiyallahu ‘anhuberkata: “Kami dahulu di masa jahiliyyah, jika salah seorang dari kami kelahiran seorang anak lelaki, ia menyembelih satu kambing dan mengucurkan darahnya di kepala anak tersebut, ketika Allah mendatangkan Islam, kamipun menyembelih satu kambing dan menggundul rambut dan mengucurkan di kepalanya dengan Za’faran”. HR. Abu Daud dan dishahihkan oleh Al Albani di dalam kitab Shahih Abu Daud, no. 2843.

Dan ini juga yang dikerjakan sebagian para shahabatradhiyallahu ‘anhum.

عن ابن عمر أنه كان يعق عن ولده بشاة شاة للذكور والإناث .

Artinya: “Diriwayatkan bahwa Ibnu Umarradhiyallahu ‘anhumasenantiasa mengaqiqahi anak lelaki dan perempuannya dengan 1 kambing 1 kambing”. Atsar riwayat Malik di dalam kitab Al Muwaththa’ dan dishahihkan oleh Syeikh Syu’aib Al Arnauth.

عن عروة بن الزبير أنه كان يعق عن بنيه الذكور والإناث بشاة شاة

Artinya: “Diriwayatkan bahwa Urwah bin Zubair, beliau mengaqiqahi anak lelaki dan perempuannya dengan 1 kambing dan 1 kambing”. Atsar riwayat Malik di dalam kitab Al Muwaththa’ dan dishahihkan oleh Syu’aib Al Arnauth.

عن أسماء بنت أبي بكر😦 أنها كانت تعق عن بنيها وبني بنيها شاة شاة الذكر والأنثى )

Artinya: “Asma’ binti Abu Bakar radhiyallahu ‘anha, beliau mengaqiqahi anak dan cucunya yang lelaki dan perempuan 1 kambing 1 kambing”. Lihat Kitab Syarh As Sunnah, karya Al Baghawirahimahullah.

Berdasarkan ini maka, semestinya anak lelaki di aqiqahi dengan 2 kambing dan anak perempuan dengan 1 kambing, hal ini disebabkan beberapa sebab;

1. Hadits Abdullah bin Abbasradhiyallahu ‘anhuma yang menceritakan bahwa Al Hasan dan Al Husain diaqiqahi dengan 1 kambing 1 kambing, juga ternyata terdapat riwayat dengan 2 kambing 2 kambing.

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ عَقَّ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- عَنِ الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ رضى الله عنهما بِكَبْشَيْنِ كَبْشَيْنِ.

Artinya: “Abdullah bin Abbas radhiyallahu ‘anhuma berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallammengaqiqahi Al Hasan dan Al Husain radhiyallahu ‘anhuma dengan 2 kambing 2 kambing”. HR. An Nasai, Al Albani berkata tentang riwayat 1 kambing 1 kambing: “Shahih akan tetapi riwayat 2 kambing 2 kambing lebih shahih”.Lihat kitab Shahih Abu Daud, 2/547.

2. Riwayat yang menyebutkan untuk aqiqah anak lelaki 2 kambing terdapat tambahan riwayat dari riwayat yang shahih dan tambahan ini adalah tambahan yang diterima.

3. Riwayat yang menyebutkan 2 kambing untuk anak lelaki merupakan sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dan riwayat yang 1 kambing untuk anak lelaki merupakan perbuatan beliau, maka sabda didahulukan dari perbuatan beliau karena kemungkinan ada kekhususan di dalam masalah tersebut.

Tetapi…

Jika kita ingin mengumpulkan pendapat yang mengatakan untuk aqiqah anak lelaki 2 kambing dengan pendapat yang mengatakan untuk aqiqah anak lelaki 1 kambing adalah dengan cara bahwa yang paling sempurna dan sesuai dengan sunnah adalah menyembelih 2 kambing untuk aqiqah anak lelaki, dan jika tidak mampun dan hanya menyembelih 1 kambing maka sudah mencukupi dan terkena asal sunnah, yaitu menyembelih kambing untuk anak yang dilahirkan sebagai aqiqah.

Imam Nawawi rahimahullahberkata:

السنة أن يعق عن الغلام شاتان وعن الجارية شاة فإن عق عن الغلام شاة حصل أصل السنة

Artinya: “Sunnahnya adalah seorng anak lelaki di aqiqahi dengan 2 kambing dan untuk anak perempuan diaqiqahi dengan 1 kambing, jika diaqiqahi anak lelaki dengan 1 kambing saja maka sudah tercapai asal sunnahnya”. Lihat kitab Al Majmu’, 8/429.

Berkata Ash Shan’anyrahimahullah:

يجوز أنه – صلى الله عليه وسلم – ذبح عن الذكر كبشاً لبيان أنه يجزئ وذبح الأثنين مستحب

Artinya: “Dimungkinkan Nabi Muhammadshallallahu ‘alaihi wasallam menyembelih 1 kambing atas anak lelaki untuk menjelaskan bahwa hal itu mencukupi dan menyembelih 2 kambing dianjurkan”. Lihat kitab Subul As Salam, 4/182.

Wallahu a’lam.

Dijawab oleh Ahmad Zainuddin Sabtu, 9 Al Muharram 1433H, Dammam KSA

[Diambil darihttp://www.dakwahsunnah.com/artikel/tanyajawab/24-aqiqah-hanya-satu-kambing]

Tinggalkan Jawapan

Masukkan butiran anda dibawah atau klik ikon untuk log masuk akaun:

WordPress.com Logo

Anda sedang menulis komen melalui akaun WordPress.com anda. Log Out / Tukar )

Twitter picture

Anda sedang menulis komen melalui akaun Twitter anda. Log Out / Tukar )

Facebook photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Facebook anda. Log Out / Tukar )

Google+ photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Google+ anda. Log Out / Tukar )

Connecting to %s